Tips Menghadapi SIMAK UI

Kamis, 26 November 2009

Sekarang ini banyak sekali siswa kelas 3 SMA baik IPA maupun IPS yang bersiap menghadapi ujian masuk UI atau yang sering di sebut juga SIMAK UI. banyak persiapan yang telah di lakukan mulai dari mencari soal simak ui di internet, ikut internsif simak ui, dan juga latihan mandiri soal simak ui. selain itu mungkin masih banyak persiapan yang di lakukan untuk menghadapi simak ui yang akan berlangsung 1 maret 2009 mendatang di berbagai kota di indonesia. UI merupakan universitas terbaik di indonesia yang bertaraf internasional serta banyak jurusan yang ada di UI semakin membuat para siswa memilih UI sebagai tempat kuliah mereka kelak. Nah di sini saya akan memberikan beberapa tips menghadapi SIMAK UI, tips yang saya akan berikan ini merupakan murni pengalaman saya maupun orang di sekitar saya yang berhasil lolos ujian masuk.

Persiapan awal, di lakukan sedini mungkin

Persiapan yang harus anda lakukan pertama kali adalah anda mendaftar secara online SIMAK UI kemudian membayar serta mencetak kartu peserta. syarat ini mutlak harus anda lakukan, karena itu semua harus di lakukan agar anda bisa ikut ujian SIMAK UI. setelah itu anda harus mempersiapkan diri secara jasmani dan rohani. Pertama adalah persiapan secara rohani yaitu anda banyak berdoa kepada TUHAN, anda menenangkan diri anda, anda plongkan semua otak anda, jangan pikirkan dulu nanti bakal masuk atau tidak ke UI, jangan pikirkan dulu soalnya nanti gimana, kalo gak masuk gimana, semuanya refreshkan dulu pikiran anda dengan pikiran anda biar anda lebih tenang menghadapi SIMAK UI, kalau anda tegang itu akan membuat anda tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.

Setelah persiapan rohani selesai anda harus mempersiapkan diri secara jasmani yaitu dengan menjaga pola makan, menjaga kesehatan, jangan begadang malam-malam. Anda tidak perlu begadang malam malam untuk belajar menghadpai simak ui. anda hanya perlu belajar sedikit namun efektif, saya sendiri mengalami hal tersebut. yang penting belajar tuh efektif, teratur dan yang penting adalah tidak menunda nunda untuk belajar. setelah itu anda sebaiknya tidur cukup karena otak anda bisa lebih cepat menerima dan menyerap informasi jika tidur anda cukup. intinya adalah jaga kesehatan jasmani dan rohani.

Persiapan pertengahan

Setelah persiapan awal selesai anda lakukan dengan baik maka secara fisik dan otak anda bisa melajutkan ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya adalah dengan mengumpulkan soal-soal latihan baik dari try out, kumpulan soal spmb atau snmptn, soal latihan latihan yang lainnya, kumpulan rumus-rumus serta buku pegangan masing masing pelajaran. lebih baik anda persiapkan semuanya terlebih dahulu, agar nanti lebih nyaman dalam mengerjakan latihan soal. jika ada yang kurang jelas anda bisa langsung melihat ke buku pegangan atau buku-buku kumpulan rumus-rumus. Saya merekomendasikan 1 buku kumpulan rumus-rumus yang lengkap semua mata pelajaran dan ringkas.

Setelah itu anda bisa mulai mengerjakan soal, tapi sebelumnya ada baca-baca dahulu buku pelajaran dan rumus rumus. kemudian anda mulai untuk belajar mengerjakan latihan soal soal tersebut, ingat jangan dulu melihat jawaban jika anda jawaban dari soal tersebut. anda ibaratkan atau simulasikan bahwa anda benar benar seperti saat ujian simak ui. soal simak ui memang kita tidak tau, tapi kita bisa memprediksinya, kerjakan sebanyak mungkin soal latihan dan pahami benar konsep dari soal yang di kerjakan. tapi ingat jangan terlalu capek, standar saja waktu yang d gunakan jangan terlalu lama belajar. saran saya 3 jam belajar istirahat juga 3 jam. atau maksimal 8 jam perhari belajar mandiri karena jika lebih dari itu bakal membuat otak penat, anda juga harus butuh hiburan bukan. anda bisa latihan soal seperti ini sampai 2 hari sebelum simak ui.

Persiapan menghadapi simak ui tahap akhir

setelah anda persiapan selama 2 minggu untuk persiapan awal dan tengah maka anda harus melakukan persiapan akhir. persiapan ini anda harus siap mental, jangan takut untuk tidak masuk, anda hanya harus berusaha sekeras mungkin saat ujian, camkan dalam diri anda bahwa anda bisa dan anda bisa masuk UI dan sukses simak ui. setelah persiapan mental selesai anda kuasai maka anda sebaiknya anda melihat medan perang anda nanti artinya anda kunjungi tempat anda akan melaksanakan ujian kira-kira tanggal 28 oktober. kenapa anda harus melihat tempat ujian anda terlebih dahulu? ini untuk menghindari anda tersasar saat 1maret dan juga anda bisa melihat kondisi tempat anda ujian agar tidak asing saat ujian.

Kemudian anda pulang dan mempersiapakan apa yang harus di bawa saat hari minggu 1 maret dalam menghadapi simak ui esok hari. persiapkan alat tulis anda selengkap mungkin, kartu peserta lebih baik di masukkan ke tas mumpung masih inget. karena jika di tunda-tunda anda bisa lupa dan jika anda lupa membawa kartu peserta anda bisa gugur dalam ujian ini. kemudian anda makan, jangan lupa juga berdoa, siapkan alarm pagi hari agar anda bisa bengun pagi hari. lalu anda tidur sedini mungkin lebih baik agar otak anda bisa jadi lebih fresh dan lebih nyaman untuk menghadapi ujian. kemudian pagi-pagi setelah anda bangun jangan lupa mandi dan sarapan kemudian bergegas ke tempat ujian anda. anda juga jangan lupa berdoa, berdoa tuh hal yang paling penting dari semuanya. percayalah!!

0 komentar:

Posting Komentar